Chip Grafis Adobe


Adobe telah menghadirkan software Photoshop versi CS4 dengan menggunakan GPU (Graphics Processing Unit). John Nack, kepala manager produk untuk Adobe Photoshop menyatakan bahwa chip grafis dalam GPU tersebut dapat membantu Photoshop CS4 untuk zoom in dan out, merotasi kanvas sehingga dapat membuat orientasi berbeda dari gambar untuk sudut pandang yang bagus, menampilkan dan memanipulasi object 3D, serta menangani koreksi warna.

Sebagai contoh, chip grafis dalam GPU ini telah didesain untuk menyebarkan piksel ke layar, bukan ke processor utama, sehingga semua tugas dapat dipilah-pilah. Hal ini berarti Adobe harus bekerja lebih hati-hati mengenai kompatibilitas hardware sehingga user yang memiliki computer tua dapat melakukan upgrade minimal video card, dengan kapasitas memory 128MB.

Fitur GPU lainnya seperti Pixel Bender, yang dapat membuat user membuat efek khusus secara cepat dan dengan adanya GPU ini, diharapkan membuat efek lebih mudah dibandingkan teknologi filter. Untuk update versi final dari CS4, user dapat mencarinya di situs Adobe Labs. Untuk harga upgrade Photoshop CS4 ini seharga USD 199 dan USD 349 untuk CS4 Extended. Sedangkan untuk Photoshop Elements diberi harga USD 100 dan Photoshop Express dapat didownload secara gratis.

Adobe juga telah mengakuisisi Macromedia untuk memberikan akses ke teknologi Flash untuk animasi dan script, sehingga pengguna Photoshop CS4 dapat memasukkan file SWF (Shockwave Flash file) ke dalam folder Photoshop dan memperluas fungsi aplikasi tersebut.

Tidak ada komentar: