Mini SSD Intel untuk Netbooks dan Mini Desktop

Intel meluncurkan seri SSD (Solid State Drive) dengan ukuran yang lebih kecil. Mini SSD seri Z-P230 ini oleh Intel dirancang untuk dipergunakan pada komputer kelas netbook dan mini desktop. Miniatur dari SSD Z-P230 ini hanya mempunyai bobot 8 gram saja, lebih ringan jika dibandingkan seri pendahulunya yang 11 gram dan diumumkan pada bulan Juni lalu.

Menurut laporan, Intel mendapat banyak keuntungan dari seri-seri netbook atau mini laptop yang saat ini sedang booming di pasaran. Perusahaan pembuat chip terbesar di dunai ini baru saja meluncurkan seri microprocessor ‘Atom’ yang dirancang dengan tujuan utama penghematan energi dan harga yang terjangkau serta ukuran yang hemat tempat pula di dalam netbook.

Dari sisi kualitas, SSD Z-P230 juga dirancang mempunyai kualitas setara Atom, yaitu kecil, ringan, hemat energi, murah serta mobile, sehingga dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis mobile device yang ada. Perbedaan utama antara SSD Z-P230 dengan SSD Z-P140 yang juga diperuntukkan bagi MID (Mobile Internet Device) terletak pada konsep hemat yang disandangnya.

Intel SSD Z-P230 akan tersedia dalam beberapa varian kapasitas, yaitu 4 GB, 8 GB dan 16 GB yang akan diluncurkan pada bulan September yang akan datang. Untuk versi 2 GB, direncanakan akan dilepas di pasaran dengan kisaran harga $25, sedangkan versi 8 GB akan dipasarkan dengan sekitar harga $ 45.

Tidak ada komentar: