AMD (Advanced Micro Devices) akan mengeluarkan processor terbarunya pada awal tahun depan, dan dipastikan akan menjadi pesaing dari processor yang ditawarkan Intel. Perusahaan besar pembuat chip berniat akan menyaingi processor desktop 45 nm milik Intel. Sedangkan AMD membuat processor 65 nm yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih efisien. AMD akan mengembangkan processor desktop 65 nm berdasarkan proses manufaktur 45 nm miliknya. Menurut website berbahasa Cina, HKEPC, AMD berencana akan melakukan produksi dalam kuarter keempat tahun ini.

Processor yang sedang dikembangkan oleh AMD diberi kode nama Deneb dan Propus. Processor Deneb akan berjalan di kecepatan 2.6GHz hingga 3.0GHz, dengan suhu tegangan 125 watt. Terdapat versi processor Deneb yang lain yang bekerja dengan suhu tegangan 95 watt, dan akan memiliki kecepatan clock core antara 2.4GHz dan 2.8GHz, yang akan dirilis pada kuarter pertama tahun 2009.

Semua processor Deneb akan menggunakan cache memory untuk meningkatkan performance. Dalam HKEPC tertampil dalam list cache memory level 3 6MB dan cache memory level 2 dengan 2MB. Sementara processor Propus memiliki jumlah cache memory yang lebih kecil, yakni cache memory level 2 dengan kapasitas 2MB. Processor ini akan dirilis AMD pada kuarter pertama dan kedua tahun depan.

Tidak ada komentar: